Kenapa Franchise bengkel motor umum gagal total?

Duta family, mr montir, doctor motor dan puluhan frichise bengkel tutup, bahkan induk perusahaanya sebagian sudah tutup, ini sebuah kajian yg menarik tentang bisnis bengkel motor.

Media massa, baik tv, koran , mengulas  usaha-usaha yg baru tumbuh sangat berlebihan, tidak heran byk pebisnis-pebisnis baru yg mencoba masuk kebisnis ini,  racun  media massa dan angka-angka keuntungan yg ditawarkan oleh pemilik frinchise.




Bisnis bengkel motor, tidak seperti buka rumah makan, yg tiap hari konsumen yg sama berkunjung dan bertransaksi.  Jarak antara satu kunjunngan satu dan kedua bisa satu sampai 3 bulan, bisa juga tidak berkunjung lagi jika customer merasa tidak puas.

Dari kasus ini bengkel baru harus terus promosi untuk mendatangkan sebanyak mungkin pelangan. jika kita punya target 20 motor sehari service dan ganti oli, maka kita harus mempunyai pelanggan 2400 motor.

Tidak mudah untuk menjadikan palanggan loyal, apalagi untuk bengkel baru ditengah pertumbuhan bengkel yg menjamur, bahkan radius antar bengkel motor  hanya 1-2 km.

Dari Bunderan cibiru sampai ke gerbang tol cileunyi, hampir 50 bengkel motor , belum yg masuk perumahan dan tambal ban,  jadi  jangan berharap banyak kita akan cepat tumbuh  dan akan cepat kembali modal dengan hanya membeli frinchise bengkel motor.

Frichise fee  yg ditentukan juga sangat tinggi, berkisar 20-30 juta pertahun, belum interior, etalase dan rak yg disiapkan   harganya sangat mahal  sementara sprepart yg mereka siapkan tidak lebih dari 30 dari total dana yg kita keluarkan.

Misalnya, frinchise motor A, menentukan biaya 200 juta, sparepart motornya  kurang dari  60 juta, sisa dana habis untuk rak , toolkit biaya frichise dan konsultasi.

Berdasarlan dari analisa usaha bengkel motor umum  yg kami jalani, keuntungan yg terbesar dari bengkel motor bukan dari jasa, tapi dari penjualan sprepart. Nah disinilah kesalahan terbesar ide dari penjual princhise.

Pola frincise seperti ini hanya cocok untuk bengkel resmi Honda, yamaha dan suzuki, karena sebagian besar motor yg service adalah motor baru, dan mereka mendapatkan pasar dari  service gratis 5 x dari pabrikan. motor.

Tidak heran, konsep para pemilik frinchise motor yg ada sekarang semuanya gagal, apalagi konsep yg ditawarkan  belum teruji dan modal hanya modal cuap-cuap pd saat yg sama kecenderungan masyarakat untuk berwirausaha sangat tinggi.

Bagi anda yg ingin buka bengkel motor, kami tawarkan konsultasi gratis, kami akan jelaskan manis dan pahitnya bengkel motor, jika anda yakin dengan resiko sukses dan gagal, baru memulai, jangan sampai hanya berdasar proposal dan analisa yg tidak realistis dari para pemilik prichise.  Hubungi kami  pin bb 58073e8c  no hp 89614762995  holid








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
24 Juli 2018 pukul 12.46 delete

ini siapa sih yang nulis, typo dimana2...

Reply
avatar