Mio Soul GT, motor dengan tehnologi Injeksi, secara umum
mekanik sudah biasa dan bisa menangani problem di motor Injeksi.Tapi terkadang
ada saja masalah-masalah dan diluar kendali kemampuan kita , itu wajar.
Menjelang sore di nusa 9 Masuk motor mio soul gt injeksi,
minta ganti kampas rem dan service rutin.
Sehabis service motor ngak mau hidup, nah loe kenapa ya?.
ini fuel fumn injkektor di motor mio soul gt foto pribadi
dinamo inilah yg mengerakkan atau mendorong bensin ke injektor.
Coba dicek dari busi, coil, accu, spool atau ada kabel
terlepas ternyata semuanya bagus. Pada
saat saluran atau slang bensin dari tangki ke injekktor ternyata tidak ada
aliran bensin, walau kontak pada posisi on.
Kita ambil kesimpulan bawan puel
fump atau plampung tangkinya tidak jalan, pada kasus motor mio soul gt,vixion, supr
a x 125, fuel fumpnya berbeda dengan motor non injeksi. Pada motor biasa plampung tanki hanya
berpungsi untuk mengetahui kondisi ketersediaan
bensin.
Pada motor injeksi tidak hanya menjadi indicator
ketersediaan bensin, tapi juga berpungsi seperti membran dan ada dynamo stater
yg mengerakkan atau mendorong bensin ke injector.
Jika dynamo di fuel fump tidak
jalan , bensin motor tidak bisa sampai
ke injektor dan tidak ada pembakaran .
Harusnya pada saat motor dikontak on walau motor belum hidup bensin
langsung keluar dari slang bensin, jika slang dicabut.
Masalahnya disini, stok barang kosong, dan harganya lumayan tinggi begitu juga dibengkel
lain. Dicoba keesokan harinya dengan wilayah pencarian lebih luas siapa tahu
ada. Duh ternyata tidak ada juga,
karena bertepatan dengan hari sabtu, mau
ngak mau paling nunggu hari senin atau selasa.
Sayangnya konsumen bersikukuh, kenapa itu bisa rusak,
tadikan motornya hidup, rumitnya kita menjelaskan apa yg terjadi. Paktor kebetulan, itu yg saja jelaskan. Kebetulan service, pas kebetulan rusak, yah
apa hendak dikata, andai bias diputer waktu mah enak hehehe.
Ngambek dan ngambek, itulah masalahnya, konsumen terus
mendesak, mau dibawa lagi motornya cepat beresin. Yah udah diberesin, walau sebenarnya kalau
akang yg punya motor disarankan untuk mencari sendiri jika ada bengkel refrensi
sendiri, atau kami yg cari tapi minta waktu dihari kerja untuk minta kirim ke
pemasok .
Biasanya kalau pas ada sih bisa langsung dikirim , tapi
karena kepentok dihari libur, sales tidak bisa
mengecek ketersediaan barang,
tapi itu bukan masalah, dengan banyaknya jalur pemasok bisa dilacak ke
smua pemasok pada hari kerja.
paam 10 pagi di hari minggu konsumennya,minta ambil motor ya
ngak pa2 kalau ngak mau nunggu. Selang 1 jam, masuk lagi mio soul gt mati,
ternyata diagnosa kasusnya berbeda, ini fuelfamnya bagus. Pada saat di kontak, telingga didekatkan ke
tank motor , terdengar bunyi dynamo, matinya motor ini lebih dari disebabkan filter udara terlalu lama tidak diganti.
Ada banyak hal yg terkait dengan matinya motor dari
spoll, koil, busi,kiprok dll jika ada kendala diluar kemmpuan ,
diskusikan dengan mekanik bengkel lain, atau searching di internet, jika mentok
juga tidak ada salahnya mencari mekanik senior di sekitar bengkel kita. Bagi pemilik toko atau penjaga toko upayakan
berikan penjelasan sebaik mungkin, ucapkaan maap dan jangan sampan
berdebat dengan konsumen.