Mio Soul GT Mati, Perhatikan Fuelfam atau plampung tank. Pas servis, pas mati, konsumen ngambek!!! (Seni mengelola bengkel motor)

Mio Soul GT, motor dengan tehnologi Injeksi, secara umum mekanik sudah biasa dan bisa menangani problem di motor Injeksi.Tapi terkadang ada saja masalah-masalah dan diluar kendali kemampuan kita  , itu wajar.

Menjelang sore di nusa 9 Masuk motor mio soul gt injeksi, minta ganti kampas rem dan service rutin.  Sehabis service motor ngak mau hidup, nah loe  kenapa ya?.
 
ini fuel fumn injkektor di motor mio soul gt   foto pribadi
dinamo inilah yg mengerakkan atau mendorong bensin ke injektor. 



Coba dicek dari busi, coil, accu, spool atau ada kabel terlepas ternyata semuanya bagus.  Pada saat saluran atau slang bensin dari tangki ke injekktor ternyata tidak ada aliran bensin, walau kontak pada posisi on.   Kita ambil kesimpulan bawan  puel fump atau plampung tangkinya tidak jalan, pada kasus motor mio soul gt,vixion, supr a x 125, fuel fumpnya berbeda dengan motor non injeksi.  Pada motor biasa plampung tanki hanya berpungsi untuk mengetahui kondisi ketersediaan  bensin.

Pada motor injeksi tidak hanya menjadi indicator ketersediaan bensin, tapi juga berpungsi seperti membran dan ada dynamo stater yg mengerakkan atau mendorong bensin ke injector.  Jika  dynamo di fuel fump tidak jalan ,  bensin motor tidak bisa sampai ke injektor dan tidak ada pembakaran .

Harusnya pada saat motor dikontak on walau motor belum hidup bensin langsung  keluar  dari slang bensin, jika slang dicabut.

Masalahnya disini, stok barang kosong,  dan harganya lumayan tinggi begitu juga dibengkel lain. Dicoba keesokan harinya dengan wilayah pencarian lebih luas siapa tahu ada.   Duh ternyata tidak ada juga, karena bertepatan  dengan hari sabtu, mau ngak mau paling nunggu hari senin atau selasa.

Sayangnya konsumen bersikukuh, kenapa itu bisa rusak, tadikan motornya hidup, rumitnya kita menjelaskan  apa yg terjadi.  Paktor kebetulan, itu yg saja jelaskan.  Kebetulan service, pas kebetulan rusak, yah apa hendak dikata,  andai bias diputer  waktu mah enak hehehe.

Ngambek dan ngambek, itulah masalahnya, konsumen terus mendesak, mau dibawa lagi motornya cepat beresin.  Yah udah diberesin, walau sebenarnya kalau akang yg punya motor disarankan untuk mencari sendiri jika ada bengkel refrensi sendiri, atau kami yg cari tapi minta waktu dihari kerja untuk minta kirim ke pemasok .

Biasanya kalau pas ada sih bisa langsung dikirim , tapi karena kepentok dihari libur, sales tidak bisa  mengecek ketersediaan barang,   tapi itu bukan masalah, dengan banyaknya jalur pemasok bisa dilacak ke smua pemasok pada hari kerja.

paam 10 pagi di hari minggu konsumennya,minta ambil motor ya ngak pa2  kalau ngak mau nunggu. Selang 1 jam, masuk lagi mio soul gt  mati,  ternyata diagnosa kasusnya berbeda, ini fuelfamnya bagus.  Pada saat di kontak, telingga didekatkan ke tank motor , terdengar bunyi dynamo, matinya motor ini lebih dari disebabkan  filter udara terlalu lama tidak  diganti.


Ada banyak hal yg terkait dengan matinya  motor dari  spoll, koil, busi,kiprok dll jika ada kendala diluar kemmpuan , diskusikan dengan mekanik bengkel lain, atau searching di internet, jika mentok juga tidak ada salahnya mencari mekanik senior di sekitar bengkel kita.  Bagi pemilik toko atau penjaga toko upayakan berikan penjelasan sebaik mungkin, ucapkaan maap dan jangan  sampan  berdebat dengan konsumen. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »