Ganti semua yg rusak dimotor, bayar semaunya , kisah nagih akang martabak (seni mengelola bengkel motor)

ini kisah ane nagih, kan kalau kisah ane ditagih dah cukup banyak diulas walau belum semuanya.

Permasalahan hutang piutang emang repot, ada yg ngak mampu baya,r ada yg ngak mau bayar, ada yg mau bayar pakai janji sok ntar,ntar sok hehehe.

 masih seputar bengkel motor, 2 bulan lalu kedatangan konsumen, beliau kebetulan pengusaha juga, sama lah kayak ane, pengusaha kecil ngak pakai M (menengah).

 Tiap malam jualan martabak telur, martabak manis, rame deh , wong sering beli jadi haapal persis, jarang banget pas mau beli ngak ngak ngantri, pasti penuh (prasangka kali ya ), bisa jadi pasa ane mau beli eh pas rame, pas ane pulang tuh kawan, bisa jadi sepi atau sebaliknya, kan ngak lihat sampai dia tutup.

Alkisah, (kayak sinetron ya), beliau bawa motor dalam keadaan hancur, tanpa byk basa-basi, beliau langsung jelaskan, "motor ini mas dipinjam, dipakai ama tetangga sebelah rumah,""semalam kecelakaan", jadi wae hancur, yg makai parah , masih belum sehat, lukanya banyak, dilutut, ditangan, jadi tolong ganti semua yg rusak, ntar bikin bon beres saya langsung bayar, jgn lupa ya tuh ban masukin ban motor biar saya pinta biaya pengantian ke yg pinjam motor".

 duh, pusing kan, masa iya disuruh bohong, yg ngak rusak karena kecelakaan pun minta ganti. " mas ngak bisa begitu juga ", ngak bagus luh cara-carar seperti itu".  "mending kalau dapat bagian milyaran kayak anggotaa dewan, kan segar, ini mah saling tipu diantara orang kecil hehehe, nilai rupiahnya kecil, caranya sama lah, bikib bon fiktif.

 "pokoke ganti mas apa yg harus diganti. Kang Ogi melihat gelagat ngak beres, hanya diam, (oh yaa, nih ogi mekanik andalan nusa 9 walau sering datang kesiangaan datangnya hehehe), maklum byk sampingan, cari rezeki sana-sini , bebanya berat loe, anaknya banyak istrinya berapa ya? (ah rahasia ntar aja lah ddi episode berikutnya). 2 hari kita tidak kerjakan dengan alasan barang ngak ada, dan kang ogi bilang" bang minta DP dulu aja nih orang". 

Dasar takdirnya, si akang pemilik motor bolak-balik minta motor dibenerin, pagi, sore, besok datang lagi, yah demi kepuasan pelangan akhirnya kita kerjakan, dari pres segitiga, ganti spakbor semuanya aja deh, total biaya hampir 800 ribuan. ya, bener deh, pada saat Ocha yg jaga (nih karyawan tercantik), habis cuman dia seorang karyawan perempuan, yg lain jalu semua mas, eh si akang minta ambil motor cuman nitip uang 500 ribu, Ocha nlp, , kujawab" cha jangan dikasih". Karena didesak terus Ocha ngasih tuh motor , janjinya minggu depan dilunasin".

 Hari berganti minggu, ngak ada kabar, didatangin lagi kejawa, pas datang lagi selalu janji mingu depan. Bulan lewat , kan harus terus ditagih, karena itu tidak mendidik jika didiamkan, apalagi kejadian begini berulang, satu untuk pendidikan ke pegawai, kedua agar usaha kita terus jalan perlu disiplin dalam mengelola prilaku konsumen nakal.

 Dua bulan lebih, minggu ini saya surh nagih, jawabannya, bsk mas kebengkel. tidak datang, ditagih lagi, "pagi mas sebelum belanja", bsk, pagi, sore,malam hehehehe, lama-lama bosan ya.

 Padahal saya bilang udahlah ngak usah dibayar pull, sekali datang 50 ribu cukup, kalau 6 minggu 300 ribu kan lunas

Dasaar iktikadnya kurang bagus, selalu memperumit, yah udahlah, malam ini pas hujan, pas lagi ngumpul, suruh aja bayar dengan 4 dus martabak. Yah ngasihlah walau agak mesem-mesem, martabaknya lebih mahal lagi dari harga biasanya, ngak pa-palah, angap aja ban motor depan tukaran ama martabak, kalau minggu depan juga ngak byar minta lagi martabaknya, anggap aja tukaran ama spakbor, kan lumayan  dari ngak loh.  

 Inilah kisah sedih bengkel, sering kejadian seperti ini, banyak upaya yg kita lakukan untuk mencegah prilaku konsumen yg tidak bertanggung jawab, tapi masiih ada aja. Yah namanya juga dagang toeh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »