Sang Komandan pun tak mau melunasi tagihan service motor (seni mengelola bengkel motor)

Sang “konmandanpun “tak mau melunasi tagihan sevice motor anaknya
Lagi sepi, makanik ker galur gidul, cerita sana-sini, datang Motor mio  mati  dibawa anak SMA diantar oleh Bapak  A, (bapak A adalah anggota tni, dan dia ajudan dari Bapak sianak
 (habis ngak sempat nanyain namanya.

Bapak bilang motor perbaiki aja, gimana caranya biar motor hidup, Saat dicek oli motor habis, mau ngak mau harus diganti piston kit, blok seher cacat. 

Ada sedikit kesalahan abah (mekanik Nusa), pada saat buka blok seher, lupa mengecek stang seher , apakah harus diganti atau tidak.

Pada saat pengerjaan selesai motor bunyinya kayak suara mesin ronsok, dari blok mesin , sampai blok cvt.

Bapak A ngambek, kita coba jelaskan , agak sulit memastikan semua kerusakan pada saat motor sedang mati, kita harus hidupkan dulu, kecuali kerusakan diwilayah tempat kita membongkar.

Bahasa yg kurang pas dari Bapak  sang ajudan , membuat abah yg jauh lebih tua, agak mangkel, maklum aja, rasanya giman gitu lah gitu diomelin anak muda, mending kalau pakai etika, iyek mah asal ngambek wae.

Walau aparat, atau preman sekalipun hidup teh jangan mentang-mentang kata pak horto, ojo dumeh.  Bener sih, siapa yg berani lawan  mereka, adanya diem, ya, siap, oce, maap paling itu jawaban yg bikin cepat reda amarah sang ajudan.

Karena bunyi yg begitu rata di mesin,  ganti kampas otomatis, roller, rumah rooler klip rumah roller, laher roda blk di blok cvt, bunyi agak berkurang, karena sudah malam hari , motor harus beres. Jam 9 akhirnya beres dan motor sudah lebih baik, tapi ada beberapa komponen lagi yg harus diganti,   masih ada sedikit suara berisik dan ada beberapa komponen lagi harus diganti.

Sudah sama 2 lelah,  Motor akhirnya dibawa oleh sang anak, dan bapak ajudan yg bayar, beres untuk saat ini.

Baru 2 hari motor kembali mati, pada saat kita buka kembali seher kembali ngunci, nah disinilah pelajaran baru bagi abah dan mekanik lain.   Perlu adanya kehati-hatian  pada saat menemukan kasus yg sama.

Stang seher secara kasat mata tidak ada masalah, tapi karena motor habis oli dan dipaksakan untuk terus diselah, kemungkinan stang seher kena cukup besar , disinilah perlu ketelitian mekanik.

Datangnya ngambek duluan, Pak ajudan marah dei , okelah kita bertanggung jawab untuk seher, piston kit , korter,biaya jasa kita gratiskan .   Kecuali untuk stang seher,leher bexn dan pasang leher bexn beserta paking.

Semua diganti beres, motor normal, bahkan karena boringnya memang sudah sangat tipis kita ganti boring  boring atau blok seher baru.

Nah disinilah masalahnya, susahnya memberi pengertian, sang ajudan malah ngasih no tlp komandan, kita disuruh datang, ya datanglah, wong kita ngak melanggar hokum.

Eh ane kira mau bayar, ternyata ntar aja lah motor dicoba dulu.  Ditunggu, terus aja diem, di sms ngak balas.  Sekali balas lagi diluar kota.  Yah sudahlah kewajiban kita mengingatkan, kalau ngak mau bayar apa daya?.

 Lagian mau dilaporkan uangnya ngak terlalu besar paling 700 ribuan, ntar malah ribet dan rudet lagi, apalagi ama aparat lebih baik cari aman, belajar ihlas. 

Bukankah ALLah akan menganti dengan cara yg lain, dan semoga si Bapak walau punya jabatan diberi kesadaran, jangan mentang-mentang!!!.


Jangan putus asa, jadikan semua kejadian hikmah, dan niatkkan ibadah setiap pekerjaan  biar hidup jadi Indah. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »