Tidak semua konsumen jujur, motor tiger accunya mati, minta ganti baru (kasus nusa motor) (seni melayani konsumen)



Tanggal  07 bulan 02 2016, menjelang tahun baru imlek bengkel  sangat rame,  bertepatan dengan libur panjang, byk  waktu libur yg dimanfaatkan untuk memperbaiki  motor , berlibur dll.

Nusa motor tetap buka seperti biasa, karena yg pertama butuh, yg kedua memanpaatkan momentum menjelang libur panjang nasional.

Karena terlalu rame,biasanya penjaga toko  bang jul dan mbak ocha serta mekanik kurang maksimal melayani konsumen, semua mau cepat dan didahulukan.

Ada motor tiger yg dikerjakan mas febi ,  menurut bang jul  beliau adalah pelanggan lama, beliau complain accu motornya  yg baru   2 bulan beli sudah mati dan beliau minta ganti dengan yg baru.

Secara bisnis tidak ada masalah, pada saat dicek   ternyata accu tigernya merek lama yg kita sudah tidak jual, tapi beliau tetap ngotot baru 2 bulan.     Perdebatan yg tiada ujung, dan bang jul minta konfirmasi ke saya yg kebetulan lagi dicabang untuk mencari jalan keluar, sayang karena dicabang juga sibuk  kurang menangkap apa persoalannya. 

Singat cerita bang Jul berjanji hari senin penyelesaianya.    Senin siang saya tunggu dan beliau datang dan langsung minta ganti, setelah diminta bon beliau tidak bisa menunjukan bon pembelian dan accu merek yg sama  dipakai oleh motor tiger tersebut 12 bulan lalu kita sudah tidak jual.

Sangat disayangkan beliau terus ngotot, pada awalnya beliau bilang baru 2 bln,  berikutnya beliau berkelit, saya pelangan setia saya akan sebarkan karena nusa tidak bertanggung jawab.    Saya jelaskan Pak dari satu tahun yg lalu kita sudah tidak punya stok accu merek tersebut.  

 Beliau terus emosi  dan akhirnya saya putuskan apapun yg ingin Bpk lakukan dengan menjustice nusa motor tidak bertanggung jawab silahkan.

Pada akhirnya  Beliau membeli accu baru  dengan garansi 1 bulan merek GS,  danbeliau meminta maap kebang jul setelah adanya insiden itu. 

Saya kira perlu ketegasan dari pemilik  dan pegawai tentang standar garansi,   tidak semua konsumen itu jujur, bahkan ada kisah baru beli accu  baru 2 hari kemudian langusng mati minta tukar, pas dicek tahun produksinya sudah lebih dari 4 tahun,   bisa jadi konsumen menukar dengan motor lain.

Pada saat kita complain ke pabrikan baru kita sadar bahwa kita di”kadalin” konsumen,  istilah konsumen itu raja, itu benar, tapi tidak boleh lantas sang raja berbuat semen-mena  untuk memeras dan mencurangi rakyatnya.    Bukankah raja juga harus adil, begitu juga konsumen.    Salam melayani.

Anda ingin buka bengkel konsultasi ke nusa motor.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »