Gaji atau bagi hasil untuk mekanik motor, mana yg terbaik? (seri tulisan membuka bengkel 1-20)

Tulisan berdasarkan apa yg pernah kami lakukan dibengkel nusa motor.  Pada saat membuka bengkel tahun 2006, sistem yg di pakai adalah  gaji, kerena merintis sudah pasti belum banyak yg belanja apalagi yg service,  saya kira itu yg terbaik.


Baru 2 bulan kerja sudah  mulai sering bolos, duh pusingnya,  Bengkel sepi, pas ada yg mau service mekanik ngak ada, mau nambah mekanik kemampuan bayar belum ada, yg ada cuman sabar, sambil belajar ganti oli dan kampas rem sebisanya, walau konsumem tidak begitu puas setidaknya, tidak menolak sama sekali pekerjaan, kecuali yg ngak bisa apa boleh buat deh.

Penasarankan kenapa mekanik dah dibayar kok sering bolos, ternyata dia ada kerjaan dirumahnya, ngebenerin motor orang,  sedih banget bukan,  masa iyaa,  mekanik satu-satunya nyawa bengkel sering bolos, dengan berat hati dikeluark.an deh.

Nerima lagi nih mekanik baru,  berdasar dari cv  oke banget, pernah dibengkel resmi honda bro,  eh pas ada yg mau ganti rante keteng motor legenda, ngak tahu dimana tempat rante ketengnya,  duh pemirsa, mau apa lagi, kecewa banget, mana bisa kita bayar tenaga kerja seperempat bisa, mending kalau ada dua, wong baru mampu bayar satu.

Namanya usaha ya sabar,  ketemu juga mekanik keren namanya mas kadir, sama seh digaji juga, tapi lumayan bisa menarik pelanggan verpa, habis dia punya motor vespa panjangnya hampir 2 m, sayang lupa ,motonya itu tahun 2006, belum sekeren sekarang hpnya, wong hp aja masih jarang yg punya kok.

Bengkel dah ada lah satu dua pelanggan, mekanik yg satu nih terkenal, kembali deh seperti mekanik sebelumnya mulai sering bolos, maklum sudah byk kerjaan diluar, menderita lagi deh pusing.....

Lagi binggung ada lagi yg ngelamaar, namaya Pak Dodi, , kalau yg ini lumayan bagus, cuman satu masalahnya, karena semua mekanik ane tantggung makan, duh komplain terus, dari  menu dan semuanya, pusing deh, dah tahu kita berhemat eh,  malah kite yg diatur, sambel kepedesan, telur harus ceplok, alamak, kita kan bos, mana masak, anak buah ngatur menu makan, dah itu harus cuci piring pusing deh. 

Tahun ke dua 2007 ane harus bayar kontrakan, ngak ada duit, pontang-panting deh , akhirnya jual mobil kesayangan,  dan setelah berkonsultasi dengan teman-teman pemilik bengkel lain, sebaiknya sistem gaji dihapus, karena kinerja mekanik sangat rendah, dan cenderung tidak bertanggung jawab  dari segi kualitas penjualan dan pekerjaan, walau sudah ditambah komisi service 20 persen.


Bersambung bro, ditulisan berikutnya,  ane mau bobok dulu bsk, tulisan yg keduanya ya.....judulnya sama, biar penasaran bikin bersambung y....


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »