Semenjak yamaha mulai memasuki motor 4 tak dari crypton, vega, vega r new, vega zr, jupiter MX, MX king dll , yamaha tidak pernah kehabisan ide untuk terus bekreasi merebut pasar . Coba pada saat pertama Yamaha Masuk motor Matic, honda cenderung mengabaikan karena memang motor matic yg dimulai dari pabrikan china tidak laku.
pada saat penjualan Yamaha naik dan sempat melampaui honda pada maret 2007 walau jika dihitung periode tahun tersebut tetap dikuasai honda. Pihak honda sadar dan langsung berpacu mengeluarkan produk matic Honda beat, vario dan seterusnya.
Periode berikutnya honda masih terlalu perkasa bagi Yamaha, tetapi kalau dilihat dari inovasi kita patut ajungkan jempol dengan Yamaha, produknya kreatif dan Inovatif yang selalu membuat galau Pihak honda yg tidak tahan denagn produk tetangga sebelah, tidak heran produk terbaru Honda sangat mirip dengan MX king dengan segala keunggulan dari panjang Honda 2025cm, sementara yamaha 1700mm, tinggi honda 1102 yamaha 1080.
Keperkasaan honda memang masih harus diakui, Apapun yg dikeluarkan Yamaha dan suzuki selalu langsung dikeluarkan model sejenis dengan keunggulan honda yg selalu hebat dalam penjualan dan beberapa komponen sprepart yg relatif sama dengan yg sebelumnya dan tidak rewel mengunakan barang lokal.
TIdak heran jumlah penjualan Honda dan Yamaha saat ini sangat jauh, jika yamaha sudah berhasil dalam mengeluarkan model body dan tampilan, ada persoalan besar yg dilupakan yg yamaha , yaitu bagian kopling yg biaya perawatannya jauh murah honda .
Mangkok otomatis saja motor bebek dari supra sampai supra x 125, honda relatif sangat murah, bahkan pakai barang lokalpun oke dan nyaman dijalan, sementara motor yamaha, pakai lokal suka bunyi, sementara pakai ory harganya bisa sampai 300 ribun
Selama yamaha gagal memperbaiki sistem koplingnya, selamanya akan menjadi jelek dimata konsumen.
Yamaha terus berupaya dengan produk-produk inovati
Inilah data perbandingan MX kinga dan supra GTR 150
perbandingan
Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King
150
|
||||||||||
Spesifikasi
Teknis
|
Honda
Supra GTR 150
|
Yamaha
MX King 150
|
||||||||
Panjang :
|
2.025 mm
|
1.970 mm
|
||||||||
Lebar :
|
725 mm
|
670 mm
|
||||||||
Tinggi :
|
1.102 mm
|
1.080 mm
|
||||||||
Jarak sumbu roda :
|
1.284 mm
|
1.240 mm
|
||||||||
Jarak terendah ke tanah :
|
150 mm
|
135 mm
|
||||||||
Tinggi tempat duduk :
|
780 mm
|
780 mm
|
||||||||
Berat isi :
|
119 kg
|
116 kg
|
||||||||
Kapasitas tangki bensin :
|
4.5 Liter
|
4.2 Liter
|
||||||||
Mesin
|
||||||||||
Tipe mesin :
|
4 langkah liquid cooled DOHC
|
4 langkah liquid cooled SOHC
|
||||||||
Kapasitas mesin :
|
149.16 cc
|
147.3 cc
|
||||||||
Jumlah silinder :
|
1 Silinder
|
1 Silinder
|
||||||||
Diameter x langkah :
|
57.3 x 57.8 mm
|
57,0 x 58,7 mm
|
||||||||
Perbandingan kompresi :
|
11,3:1
|
10,4:1
|
||||||||
Daya maksimum :
|
15.74 Hp pada 9.000 rpm
|
15.15 Hp pada 8.500 rpm
|
||||||||
Torsi maksimum :
|
13.5 Nm pada 6.500 rpm
|
13.8 Nm pada 7.000 rpm
|
||||||||
Sistem starter :
|
Elektrik starter
|
Elektrik starter and Kick
|
||||||||
Sistem pelumasan :
|
Basah
|
Basah
|
||||||||
Kapasitas oli mesin :
|
1.1 liter
|
1,15 Liter
|
||||||||
Sistem bahan bakar :
|
PGM-FI
|
Fuel Injection
|
||||||||
Tipe kopling :
|
Basah
|
Basah
|
||||||||
Tipe transmisi :
|
Manual 6-kecepatan
|
6-kecepatan
|
||||||||
Rangka
|
||||||||||
Tipe rangka :
|
twin tube steel
|
Backbone
|
||||||||
Suspensi depan :
|
Teleskopik
|
Teleskopik
|
||||||||
Suspensi belakang :
|
Monoshock
|
Swingarm
|
||||||||
Ban depan :
|
90/80-R17 46P
|
70/90-R17 38P
|
||||||||
Ban belakang :
|
120/70-R17 58P
|
120/70-R17 58P
|
||||||||
Rem depan :
|
single disc brake
|
Single disc brake
|
||||||||
Rem belakang :
|
single disc brake
|
Single disc brake
|
||||||||
Kelistrikan
|
||||||||||
Sistem pengapian :
|
Full transistor
|
Transistor Control Ignition
|
||||||||
Battery :
|
MF 12V – 5.0 Ah
|
MF Wet 3Ah
|
||||||||
Tipe busi :
|
NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
|
NGK – CR8E
|
||||||||
Harga:
|
Standard Color : Rp 21.300.000
|
Rp 20.600.000
|
||||||||
Exlusive Color : Rp 21.500.000
|