Memciptakan pelangan untuk bengkel motor Baru bag 1. tulisan berseri 1-10


Ratusan bengkel baru buka tiap tahun dan hanya 80 persen yg bertahan di tahun kedua, ditahun kelima tidak sampai 10 bengkel yg bertahan, pada  kespuluh hanya tersisa paling banyak 5 bengkel,  tumbuh dan berkembang paling banyak 2 bengkel, sisanya meminjam pepatah la yamutu wa la yahya .
Semua usaha ingin untung, tumbuh dan berkembang. .  Keuntungan didapat ketika ada yg belanja, service dan tiap hari harus ada, artinya harus ada pelanggan tiap hari.


Mengelola bengkel tidak seperti mengelola warung rokok, warung kelontong atau warung makan.  Karena tidak setiap hari motor harus diperbaiki, bisa jadi 2 atau 3 bulan kemudian  baru ada kunjungan kembali konsumen yg sama, jika mereka terkesan dengan pelayanan kita.

Nah bagi bengkel baru, perlu adanya pendidikan yg mendalam bagi penjaga toko dan mekanik untuk lebih banyak mengadakan pendekatan secara personal agar me reka menjadi “sales” atau promo dari bengkel kita.

Baca Juga:

Menjadikan Konsumen bengkel motor menjadi Loyal, dengan oli yg tidak terkenal (seni mengelola bengkel)


JIka customer agak santai, tidak ada salahnya untuk membuka pembicaraan kehal-hal yg lagi tren, dari politik  atau apapun, tanpa perlu membantah pendapat konsumen dengan menjadi pendengar yg baik.  Menanyakan berapa anaknya, sekolahnya, pekerjaan, biasanya konsumen senang ditanya, bahkan mereka senang bercerita soal diri mereka.
.
Memuji secara tulus, mendengar secara seksama, itu bagian dari pemasaran yg jarang dan sulit dilakukan.  Jadi tidak ada salahnya cara ini dicoba. 

Tidak usah khawatir dengan bengkel yg lebih rame  dan sudah lama berdiri,  karena baru buka dan masih sepi, mempunyai nilai tambah dengan banyak waktu luang untuk lebih mengenal konsumen yg “nyasar kebengkel kita”, untuk di jadikan “sales” bengkel kita.

Bukankah ada istilah konsumen yg puas akan memberi tahu  10 orang, konsumen yg kecewa akan memberikan kabar kepada 1000 orang.

Selamat mencoba, nantikan tulisan-tulisan berikutnya .   (menciptakan pelanggan untuk bengkel baru 2)


Baca juga gan:

Omset Mau Tumbuh, tawarkan barang lain Pada saat konsumen Belanja ditoko anda




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »