Hati-hati !!!, Mekanik Motor, membuat bengkel dalam bengkel anda .

Mekanik motor harus  aktif berinteraksi  dengan konsumen, tidak heran yg punya atau penjaga toko mudah dipermainkan oleh mekanik ketika kita tidak jeli dan hati-hati menangani prilaku mekanik.

Kepercayaan consumen terhadap kualitas pekerjaan membuat mekanik bisa jadi lupa diri, terkadang banyak juga memanpaatkan bengkel hanya sekedar untuk menjaring konsumen yg kemudian perbaikan motornya dilakukan diluar atau dirumah.

Baca juga gan :

Ditagih service motor," eh dapat Istrinya" (seputar kehidupan bengkel, pelangan dan mekanik).

 Sang Komandan pun tak mau melunasi tagihan service motor (seni mengelola bengkel motor)

 Ganti semua yg rusak dimotor, bayar semaunya , kisah nagih akang martabak (seni mengelola bengkel motor)



Biasanya pada saat service rutin, ganti oli atau pekerjaan ringan lainnya, mekanik yg cerdas memeriksa keseluruhan kerusakan motor dan sudah kewajiban mekanik untuk menawarkan perbaikan agar motor kembali pit dan itu idealnya dilakukan di bengkel dong, bukan diluar.

Hebatnya dibengkel mitra kami, pernah terjadi pekerjaan dirumah mekanik yg turun mesin begitu banyak, sementara bengkel tempat dia bekerja hanya ada servis ringan.  Mekanik sangat lincah dan bisa meyakinkan konsumen, bahwa pekerjaan dirumahnya bisa lebih murah dengan kualitas barang yg sama.
Bengkel mitra kami ini belum terlalu besar, sehingga pada saat akan turun mesin selalu harus order dulu kebengkel Kami yg di Cileunyi, tidak heran mekanik sangat hapal harga, karena memang dia sangat dipercaya bahkan kepala mekanik dibengkel ini.

Kecurigaan ini berawal seringnya kepala makanik ini belanja di sore hari , padahal tempatnya bekerja sudah tutup, dan hamper semua nya adalah sparepart yg bisa memberikan keuntungan yg besar buat bengkel dari seher, kampas kopling, kampas otomatis, mangkok otomatis dll.

Kang S sang pemilik bengkel tidak menyadari hal ini, tapi melihat prilaku mekanik yg terus lemas dan tidak bersemangat untuk bekerja, menjadi sebuah tanda Tanya besar?.  Sampai kemudian pegawai kami main kerumah mekanik kang S, duh ternyata motor yg turun mesin numpuk, dikerjakan dirumah dibantu dengan asistenya, dan dikerjakan sampai jam 12-bahkan pagi dini hari, tidak heran mekanik tidak terlalu bersemangat kerja di siaang hari, masalahnya bagi kang S  mekaniknya digaji pokok lagi, kerja-ngak kerja,bengkel rame atau sepi harus tetap dibayar, karena digaji bulanan.

Hem, Pada saat kang S berkunjung kami ceritakan dan beliau sangat kaget mendengar ini , akhirnya mekanik di skors semua dan kembali membuat kesepakatan baru.

Untuk kawan-kawan mekanik, bukan tidak boleh mencari penghasilan tambahan, itu sih boleh saja, asal jangan mengambil konsumen bengkel, kasihan kan yg punya bengkel, mereka investasi tidak kecil l, bisa sampai ratusan juta, masa iya kita sebagai pekerjanya malah membuat bengkel bankrut, bukan malah membuat maju perusahaan.

Sebagai mekanik kita harus gentle, keluar dan buka usaha sendiri, jangan membuat perusahaan didalam perusahaan , itu menyakitkan, sama saja dengan menghianati.  Membuka usaha sendiri itu lebih bagus jangan sampai kita berbuat  curang dengan yg punya bengkel, sementara sisi lain kita masih menikmati gaji dari si bos.

Tips buat bengkel motor anda gan baca juga
 http://nusamotorjayaselalu.blogspot.co.id/2016/04/tips-agar-konsumen-tidak-berhutang-pada.html

Tips agar konsumen tidak berhutang pada saat service motor (seni mengelola bengkel motor)

 Jangan Urus bengkel motor tetangga yg rame, urus bengkel sendiri (seni mengelola Bengkel)

Menjadikan Konsumen bengkel motor menjadi Loyal, dengan oli yg tidak terkenal (seni mengelola bengkel)

 Kode laher stang seher Honda dari sport,matic dan bebek



 

Salam jujur 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
3 Juli 2018 pukul 00.10 delete

Keren Kang loyalitas dg peduli kpd pelanggan patut ditiru nich

Reply
avatar