Cara cepat melejitkan penjualan di Bukalapak dengan push dan promotod push (tulisan 3 dari 7 tulisan)





 Push dan promoted push di Bukalapak sudah dibahas pada tulisan sebelumnya, yang berikutnya adalah strategi, waktu agar biaya iklan yang kita keluarkan berbanding lurus dengan meningkatnya penjualan.

Ada bebrapa pertimbangan kapan dan kenapa kita harus push dan promtoed push:
1. Produk yang kita jual, ini berkaitan dengan pasar atau segmen pasar yang akan kita sasar, jualan batu akik misalnya yang dituju adalah kolektor dan hobis, atau alat sulap walau segmen pasarnya terbatas sasarannya jelas .  Untuk Baju atau fashion juga diukur siapa segmen pasar kita, apa baju muslim, atau all, atau baju anak.

NUsa motor misalnya, adalah pelapak yang menyediakan kebutuhan sprepart motor untuk segala jenis motor, pastinya segmentasinya pengguna motor, tetapi setelah hampir 1 tahun aktif dibukalapak, barang yang terjual secara rutin hanya ratusan item, sementara item yang lain  ada yang belum pernah laku sama sekali. 

Kenapa belum laku, pertama bisa jadi beberepa poto kami kurang baik, sehingga kurang menarik atau memang pasar tidak membutuhkan barang itu, misalnya kabel spedometer grand, satu karena motornya sudah jarang, tetapi pada saat di bundling dengan spedometer grand, supra tromol, ternyata spedometernya laku , kabelnya ya mengikuti.   MIsalnya kita bikin Spedometer grand bonus kabel KM.


2. MEngukur kekuatan diri atau toko kita, ini sangat penting, jika hanya reseller, atau pihak 3 bukan pihak pertama , apalagi sudah banyak orang yang berjualan barang yang sama perlu strategi khusus agar kita tetap bisa berjualan walau  harga kita lebih mahal. 

Beberapa barang Nusa motor lebih mahal dari pelapak lain tapi tetap dibeli dan laku cukup banyak, ini disamping pengarus push dan protoed push juga berkaitan dengan deskripsi yang menarik, jelas dan tidak membohongi konsumen. 

NUsa motor mempunyai beberapa reseller dan harganya lebih mahal dari lapak Nusa motor, tetapi tiap hari tetap ada transaksi dan bisa menghasilakn 3-7 juta perbulan.

Kalau yang kita ukur jumlah pengunjung ttrafiic   jam 11  sampai denagn jam 2 siang,  pada sore hari berkisar jam 16 sampai jam 19, untuk pemegang  merek, atau barang kita sedikit dipasaran, atau harga kita bersaing, tidak ada salahnya jor-joran promoted push pada jam ini, karena memang kita  bisa jadi pemenang dari segi harga dibanding pelapak lain, peluang banyaknya peminat sangat besar walau belum tentu terjadi pada hari itu.

Kelemahan push dan promoted  push saat traffic kunjungan tinggi pada  kebanyakan pelapak melakukan push  dan promoted push   jadi akan saling tindih bahkan kadang kita baru push sudah puluhan push  lain muncul sehingga posisi  barang kita dibawah, atau ada pelapak yang berani  bayar lebih tinggi dari promoted  push kita, sudah pasti barang kita langsung meluncur kebawah.

JIka kita hanya reseller atau barang kita modalnya tinggi karena bukan pemain utama, justru  kita lakukan push pada saat jam-jam sengang,  bisa jam 5 pag, 9 pagi, jam jam 10 malam, karena selalu ada pengunjung bukalapak selama 24 jam.

Beberapa transaksi terjadi jam 1 bahkan jam 2 malam, atau mereka tanya sana-sini pada jam tersebut eh besoknya mereka bayar.  Bahkan ada yang sudah nanya 1 bulan lebih tanpa konfirmasi baru belanja.   Itu wajar, kadang mereka sudah suka tapi doku belum pas , jadi  nabung dulu deh.

Harap kang pembeli terbesar adalah umur 18-30 tahun, ini berarti pembeli terbesar adalah pelajar dan mahasiswa, atau karyawan muda yang baru lulus SMA atau kuliah, data pembeli saya dapat dari tokopedia dengan asumsi lapak kami 



Coba lihat data dibawah , pada saaat jam 12 sampai jam 19 sangat tinggi penguna bukalapak yang mencari barang, bahkan pada saat melakukan promotod push hampor tiap menit ada yang melihat barang kita.





 
 


















 

Selamat mencoba, sebagai bahan pertimbangan agan, jangan pernah berharap hasil cepat walau sudah promotod push dan push, ukur setelah 60 hari, adakah hasilanya, untung atau rugikah kita.

Misalnya kita budget push 20 kali sehari dengan 10 produk. kalau kali 500 berarti 5ribu, promoted 25 kali ambil angka minimal 200 rupiah berarti 5 ribu, berarti kita melukan poromosi perhari 10 ribu, coba lakukan secara rutin jika budget terbatas, ngak pa2 kurang dari situ, ambil waktu sengang atau waktu sepi jika kita punya budget terbatas, dimana para pelapak senior sedang sibuk cari atau ngepak barang atau mereke sedang tidur, dimalam hari atau kita mulai lebih pagi jam 3 misalnya, pada saat yang lain masih lelap kita bangun sholat tahadjud bagi muslim  setelah itu lakukan deh promosi, siapa tahu pembeli kita sesama orang yang sedang sholat, eh pas buka hp, liat buka lapak punya kita tuh lagi nangkring.
 
















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
12 September 2019 pukul 14.19 delete

MaasyaAlloh kereen keereeennn...
Mngandung pesan dn makna,
Namun terairat, bak pujangga melayu hahaa...
Sukses trus akng

Reply
avatar
12 September 2019 pukul 14.20 delete

MaasyaAlloh kereen keereeennn...
Mngandung pesan dn makna,
Namun tersirat, bak pujangga melayu hahaa...
Sukses trus akng

Reply
avatar
12 September 2019 pukul 14.24 delete

MaasyaAlloh kereen keereeennn...
Mngandung pesan dn makna,
Namun terairat, bak pujangga melayu hahaa...
Sukses trus akng

Reply
avatar